SEJARAH BUS

SEJARAH BUS

Pengertian Bus

Bus adalah bentuk terpotong dari bentuk kata sifat Latin omnibus (“untuk semua”), bentuk jamak dari omnis/omne (“semua”).

Nama lengkap teoretis dalam bahasa Prancis voiture omnibus (“kendaraan untuk semua”). Nama ini berasal dari layanan transportasi massal yang dimulai pada tahun 1823 oleh pemilik pabrik jagung Prancis bernama Stanislas Baudry di Richebourg, pinggiran kota Nantes.

Produk sampingan dari pabriknya adalah air panas, dan di sampingnya ia mendirikan bisnis spa. Untuk mendorong pelanggan, ia memulai layanan transportasi yang ditarik kuda dari pusat kota Nantes ke tempat usahanya. Kendaraan pertama berhenti di depan toko seorang hatter bernama Omnés, yang memajang tanda besar bertuliskan “Omnes Omnibus”, plesetan dari nama belakangnya yang terdengar Latin, omnes adalah bentuk nominatif, vokatif, dan akusatif laki-laki dan perempuan dari bahasa Latin. kata sifat omnis/-e (“semua”), dikombinasikan dengan omnibus, bentuk jamak datif yang berarti “untuk semua”, sehingga memberi tokonya bernama “Omnés untuk semua”, atau “semuanya untuk semua orang”.

Skema transportasinya sukses besar, meskipun tidak seperti yang dia inginkan karena sebagian besar penumpangnya tidak mengunjungi spa-nya. Dia mengubah layanan transportasi menjadi usaha bisnis utama yang menguntungkan dan menutup pabrik dan spa. Warga Nantes pun segera memberi julukan “omnibus” untuk kendaraan tersebut. Setelah menemukan konsep yang sukses, Baudry pindah ke Paris dan meluncurkan layanan omnibus pertama di sana pada bulan April 1828. Layanan serupa diperkenalkan di London pada tahun 1829

Layanan bus antarkota reguler dengan bus bertenaga uap dipelopori di Inggris pada tahun 1830-an oleh Walter Hancock dan oleh rekan-rekan Sir Goldsworthy Gurney, antara lain, menjalankan layanan yang andal di atas kondisi jalan yang terlalu berbahaya untuk transportasi yang ditarik kuda.

See also  Nokia 9300

Sewa bus Jakarta sudah sangat mudah dijangkau oleh perusahaan, organisasi maupun sekolah untuk melakukan perjalanan ke luar kota.

Omnibus pertama yang digerakkan secara mekanis muncul di jalan-jalan London pada 22 April 1833 Kereta uap jauh lebih kecil kemungkinannya untuk terbalik, mereka berjalan lebih cepat daripada kereta kuda, mereka jauh lebih murah untuk dijalankan, dan menyebabkan kerusakan yang jauh lebih sedikit pada permukaan jalan karena untuk ban lebar mereka.

Namun, jalan tol yang berat yang dikenakan oleh perwalian jalan tol membuat kendaraan jalan uap putus asa dan meninggalkan jalan yang jelas bagi perusahaan bus kuda, dan dari tahun 1861 dan seterusnya, undang-undang yang keras hampir menghilangkan kendaraan yang digerakkan secara mekanis dari jalan-jalan Inggris selama 30 tahun, Lokomotif Undang-undang tahun itu memberlakukan batas kecepatan terbatas pada “lokomotif jalan” 5 mph (8,0 km/jam) di kota-kota besar dan kecil, dan 10 mph (16 km/jam) di negara ini.

ARTICLE