Niccolò Paganini

Niccolò Paganini

Sejarah Niccolo Paganini

Niccolò (atau Nicolò) Paganini 27 Oktober 1782 – 27 Mei 1840) adalah seorang pemain biola, pemain biola, gitaris, dan komposer Italia. Dia adalah virtuoso biola paling terkenal pada masanya, dan meninggalkan jejaknya sebagai salah satu pilar teknik biola modern. 24 Caprice-nya untuk Solo Biola Op. 1 adalah salah satu komposisinya yang paling terkenal dan telah menjadi inspirasi bagi banyak komposer terkemuka.

Niccolò Paganini lahir di Genoa, saat itu ibu kota Republik Genoa, anak ketiga dari enam bersaudara dari Antonio dan Teresa (née Bocciardo) Paganini. Ayah Paganini adalah seorang pedagang yang gagal, tetapi ia berhasil menambah penghasilannya dengan memainkan musik di mandolin.

Pada usia lima tahun, Paganini mulai belajar mandolin dari ayahnya dan pindah ke biola pada usia tujuh tahun. Bakat musiknya dengan cepat diakui, membuatnya mendapatkan banyak beasiswa untuk pelajaran biola. Paganini muda belajar di bawah berbagai pemain biola lokal, termasuk Giovanni Servetto dan Giacomo Costa, tetapi kemajuannya dengan cepat melampaui kemampuan mereka.

Paganini dan ayahnya kemudian pergi ke Parma untuk mencari bimbingan lebih lanjut dari Alessandro Rolla. Tetapi setelah mendengarkan permainan Paganini, Rolla segera merujuknya ke gurunya sendiri, Ferdinando Paer dan, kemudian, guru Paer sendiri, Gasparo Ghiretti. Meskipun Paganini tidak tinggal lama dengan Paer atau Ghiretti, keduanya memiliki pengaruh besar pada gaya komposisinya.

Prancis menginvasi Italia utara pada Maret 1796, dan Genoa tidak luput. Paganini mencari perlindungan di properti negara mereka di Romairone, dekat Bolzaneto. Pada periode inilah Paganini dianggap telah mengembangkan hubungannya dengan gitar.

Dia menguasai gitar, tetapi lebih suka memainkannya secara eksklusif, daripada konser publik. Dia kemudian menggambarkan gitar sebagai “teman tetapnya” dalam tur konsernya. Pada 1800, Paganini dan ayahnya melakukan perjalanan ke Livorno, di mana Paganini bermain di konser dan ayahnya melanjutkan pekerjaan maritimnya.

See also  Alat musik Drum

Pada tahun 1801, Paganini yang berusia 18 tahun diangkat menjadi biola pertama di Republik Lucca, tetapi sebagian besar pendapatannya berasal dari pekerjaan lepas. Ketenarannya sebagai pemain biola hanya sebanding dengan reputasinya sebagai penjudi dan wanita.

  • Begini Tutorial Cara Memegang Biola dan bow

Pada tahun 1805, Lucca dianeksasi oleh Napoleon Prancis, dan wilayah itu diserahkan kepada saudara perempuan Napoleon, Elisa Baciocchi. Paganini menjadi pemain biola untuk istana Baciocchi, sambil memberikan pelajaran privat kepada suami Elisa, Felice. Pada tahun 1807, Baciocchi menjadi Grand Duchess of Tuscany dan istananya dipindahkan ke Florence. Paganini adalah bagian dari rombongan, tetapi, menjelang akhir tahun 1809, ia meninggalkan Baciocchi untuk melanjutkan karir lepasnya.

ARTICLE