Apa itu Data ?

Apa itu Data ?

Apa itu Data ?

Dalam komputasi, data (diperlakukan sebagai tunggal, jamak, atau sebagai kata benda massa) adalah urutan dari satu atau lebih simbol. Datum adalah simbol tunggal dari data. Data membutuhkan interpretasi untuk menjadi informasi. Data digital adalah data yang direpresentasikan menggunakan sistem bilangan biner satu (1) dan nol (0), sebagai lawan dari representasi analog. Dalam sistem komputer modern (pasca 1960), semua data adalah digital.

Data ada di tiga status: data saat istirahat, data dalam perjalanan dan data yang digunakan. Data dalam komputer, dalam banyak kasus, bergerak sebagai data paralel. Data bergerak ke atau dari komputer, dalam banyak kasus, bergerak sebagai data serial.

Data yang bersumber dari perangkat analog, seperti sensor suhu, dapat dikonversi ke digital menggunakan konverter analog-ke-digital. Data yang mewakili kuantitas, karakter, atau simbol yang operasinya dilakukan oleh komputer disimpan dan direkam pada media perekaman magnetik, optik, elektronik, atau mekanis, dan ditransmisikan dalam bentuk sinyal listrik atau optik digital. Data masuk dan keluar dari komputer melalui perangkat periferal.

Elemen memori komputer fisik terdiri dari alamat dan byte/word penyimpanan data. Data digital sering disimpan dalam database relasional, seperti tabel atau database SQL, dan umumnya dapat direpresentasikan sebagai pasangan kunci/nilai abstrak. Data dapat diatur dalam berbagai jenis struktur data, termasuk array, grafik, dan objek. Struktur data dapat menyimpan data dari berbagai jenis, termasuk angka, string, dan bahkan struktur data lainnya.

Metadata membantu menerjemahkan data menjadi informasi. Metadata adalah data tentang data. Metadata mungkin tersirat, ditentukan atau diberikan.

Data yang berkaitan dengan peristiwa atau proses fisik akan memiliki komponen temporal. Komponen temporal ini mungkin tersirat. Ini adalah kasus ketika perangkat seperti pencatat suhu menerima data dari sensor suhu. Ketika suhu diterima, diasumsikan bahwa data memiliki referensi temporal sekarang. Jadi perangkat mencatat tanggal, waktu, dan suhu secara bersamaan. Saat pencatat data mengomunikasikan suhu, pencatat juga harus melaporkan tanggal dan waktu sebagai metadata untuk setiap pembacaan suhu.

See also  Kofi Annan Profile

Pada dasarnya, komputer mengikuti urutan instruksi yang diberikan dalam bentuk data. Serangkaian instruksi untuk melakukan tugas yang diberikan (atau tugas) disebut program. Program adalah data dalam bentuk instruksi berkode untuk mengendalikan pengoperasian komputer atau mesin lain.

Dalam kasus nominal, program, seperti yang dijalankan oleh komputer, akan terdiri dari kode mesin. Elemen penyimpanan yang dimanipulasi oleh program, tetapi tidak benar-benar dijalankan oleh unit pemrosesan pusat (CPU), juga merupakan data. Pada dasarnya, satu datum adalah nilai yang disimpan di lokasi tertentu. Oleh karena itu, program komputer dimungkinkan untuk beroperasi pada program komputer lain, dengan memanipulasi data programnya.

Untuk menyimpan byte data dalam file, mereka harus serial dalam format file. Biasanya, program disimpan dalam jenis file khusus, berbeda dari yang digunakan untuk data lain. File yang dapat dieksekusi berisi program; semua file lain juga file data. Namun, file yang dapat dieksekusi juga dapat berisi data yang digunakan oleh program yang dibangun ke dalam program. Secara khusus, beberapa file yang dapat dieksekusi memiliki segmen data, yang secara nominal berisi konstanta dan nilai awal untuk variabel, yang keduanya dapat dianggap sebagai data.

Garis antara program dan data bisa menjadi kabur. Seorang juru bahasa, misalnya, adalah sebuah program. Data input ke juru bahasa itu sendiri adalah sebuah program, hanya saja bukan yang diekspresikan dalam bahasa mesin asli. Dalam banyak kasus, program yang ditafsirkan akan menjadi file teks yang dapat dibaca manusia, yang dimanipulasi dengan program editor teks. Metaprogramming juga melibatkan program yang memanipulasi program lain sebagai data. Program seperti compiler, linker, debugger, updater program, pemindai virus dan semacamnya menggunakan program lain sebagai data mereka.

See also  SEJARAH BUS

Misalnya, pengguna mungkin pertama-tama menginstruksikan sistem operasi untuk memuat program pengolah kata dari satu file, dan kemudian menggunakan program yang sedang berjalan untuk membuka dan mengedit dokumen yang disimpan di file lain.

Dalam contoh ini, dokumen akan dianggap sebagai data. Jika pengolah kata juga dilengkapi pemeriksa ejaan, maka kamus (daftar kata) untuk pemeriksa ejaan juga akan dianggap sebagai data. Algoritme yang digunakan oleh pemeriksa ejaan untuk menyarankan koreksi dapat berupa data kode mesin atau teks dalam beberapa bahasa pemrograman yang dapat diinterpretasikan.

Dalam penggunaan alternatif, file biner (yang tidak dapat dibaca manusia) kadang-kadang disebut data yang dibedakan dari teks yang dapat dibaca manusia.

Jumlah total data digital pada tahun 2007 diperkirakan mencapai 281 miliar gigabyte (281 exabytes)

ARTICLE