Negara Malta

Negara Malta

Malta

secara resmi dikenal sebagai Republik Malta (Bahasa Malta: Repubblika ta’ Malta dan sebelumnya Melita, adalah sebuah negara kepulauan di Eropa Selatan yang terdiri dari sebuah kepulauan di Laut Mediterania.

Itu terletak 80 km (50 mil) selatan Italia, 284 km (176 mil) timur Tunisia, dan 333 km (207 mil) utara Libya. Dengan populasi sekitar 515.000 di area seluas 316 km2 (122 sq mi), Malta adalah negara terkecil kesepuluh di dunia di wilayah dan negara berdaulat terpadat keempat.

Ibukotanya adalah Valletta, yang merupakan ibu kota negara terkecil di Uni Eropa berdasarkan luas wilayah 0,61 km2 (0,24 sq mi). Bahasa resmi dan nasional adalah Malta, yang diturunkan dari bahasa Arab Sisilia yang berkembang selama Emirat Sisilia, sedangkan bahasa Inggris berfungsi sebagai bahasa resmi kedua.

Bahasa Italia dan Sisilia juga sebelumnya menjabat sebagai bahasa resmi dan budaya di pulau itu selama berabad-abad, dengan bahasa Italia menjadi bahasa resmi di Malta hingga tahun 1934 dan mayoritas penduduk Malta saat ini setidaknya dapat berbicara dalam bahasa Italia.

Malta telah dihuni sejak sekitar 5900 SM. Lokasinya di tengah Laut Tengah secara historis memberikannya kepentingan strategis yang besar sebagai pangkalan angkatan laut, dengan suksesi kekuatan yang memperebutkan dan menguasai pulau-pulau, termasuk Fenisia dan Kartago, Romawi, Yunani, Arab, Normandia, Aragon. , Knights of St. John, Prancis, dan Inggris, antara lain. Sebagian besar pengaruh asing ini telah meninggalkan semacam tanda pada budaya kuno negara itu.

Malta menjadi koloni Inggris pada tahun 1813, berfungsi sebagai stasiun jalan untuk kapal dan markas untuk Armada Mediterania Inggris. Itu dikepung oleh kekuatan Poros selama Perang Dunia II dan merupakan basis Sekutu yang penting untuk operasi di Afrika Utara dan Mediterania.

See also  Australia women's national soccer team

Parlemen Inggris mengesahkan Undang-Undang Kemerdekaan Malta pada tahun 1964, memberikan Malta kemerdekaan dari Britania Raya sebagai Negara Bagian Malta, dengan Elizabeth II sebagai ratunya. Negara ini menjadi republik pada tahun 1974. Ini telah menjadi negara anggota Persemakmuran Bangsa-Bangsa dan Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak kemerdekaan, dan bergabung dengan Uni Eropa pada tahun 2004; itu menjadi bagian dari serikat moneter zona euro pada tahun 2008.

Malta telah memiliki orang-orang Kristen sejak masa Kekristenan Awal, meskipun mayoritas Muslim saat berada di bawah kekuasaan Arab, di mana orang-orang Kristen ditoleransi. Pemerintahan Muslim berakhir dengan invasi Norman ke Malta oleh Roger I pada tahun 1091. Saat ini, Katolik adalah agama negara, tetapi Konstitusi Malta menjamin kebebasan hati nurani dan ibadah agama.

Malta adalah tujuan wisata dengan iklimnya yang hangat, banyak tempat rekreasi, dan monumen arsitektur dan sejarah, termasuk tiga Situs Warisan Dunia UNESCO: al Saflieni Hypogeum, Valletta, dan tujuh kuil megalitik yang merupakan beberapa kuil gratis tertua -struktur berdiri di dunia.

  • Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut silakan kunjungi¬†sekilasinfo
ARTICLE